Khalifah Preschool

TK, Playgroup, dan Penitipan Anak

News Article

Khalifah students in classKhalifah Preschool® 15 – Kini Hadir di Bekasi!

Mencetak Generasi Moslem Entrepreneur Kids

Khalifah Preschool® kini membuka cabang di Bekasi. Sekolah cabang ke-15 ini mempunyai kelas TK, Playgroup, Toddler, dan Daycare (Penitipan Anak), serta berlokasi di Rawalumbu (Jembatan 1), Bekasi Timur.

Khalifah Preschool® berpusat di Batam dan didirikan oleh Ippho Santosa, seorang pakar otak kanan, penulis mega-bestseller, dan penerima MURI Award. Misi Khalifah Preschool® adalah memberikan pendidikan anak usia pra-sekolah berdasarkan kurikulum yang dirancang untuk menyeimbangkan penggunaan otak kiri dan otak kanan anak. Program pendidikannya diarahkan untuk menumbuhkan jiwa entreprenur kids atau wirausaha pada anak.

“Entrepreneur Kids memang konsep yang membedakan sekolah ini dengan yang lainnya,” ujar Ippho Santosa, pendiri sekolah ini. Preschool yang berbasis nilai Islam ini menanamkan jiwa wirausaha sebagai bagian utama setiap materi pelajaran.

*** Ajarkan Lima Prinsip Entrepreneur Kids ***

Ada lima prinsip wirausaha yang diberikan, yakni (1) berdoa, (2) keuletan, (3) berani mengambil resiko, (4) memiliki mental mandiri dan percaya diri, serta (5) berjiwa pemimpin. Kelima prinsip ini juga berhubungan dengan nilai Islam yang dicontohkan nabi Muhammad saw, yang juga seorang pengusaha. Jika kelima prinsip ini ditanamkan pada anak sejak dini, ini akan membentuk karakter anak yang lebih baik di masa depan,” ucap penulis buku “Muhammad Sebagai Pedagang”, “Marketing is Bullshit…” dan beberapa buku motivasi otak-kanan lainnya. Dijelaskan Ippho, tidak seperti sekolah lain, Khalifah Preschool® tidak menganut konsep kelas yang kaku, melainkan menerapkan konsep Center (pusat aktivitas). Di sekolah ini ada lima pusat aktivitas anak, yakni: Tauhid Center, Life Skill Center, Science Center, Exercise Center, dan Art Center.

“Masing-masing memiliki fungsi untuk menstimulasi lima prinsip wirausaha tersebut,” paparnya. Misalnya, Life Skill Center merupakan ruang dimana anak dilatih mandiri untuk melakukan sesuatu. “Di ruangan ini anak dilatih ganti pakaian sendiri atau makan sendiri, yang sifanya membuat anak lebih mandiri,” terangnya. Sementara, Tauhid Center merupakan ruangan dimana anak diajarkan dan mempraktekkan ibadah terutama ibadah Shalat Dhuha. Anak dilatih untuk menjalankan shalat Dhuha yang merupakan shalat rezeki ini setiap hari. Sementara itu, role-playing (bermain peran) diterapkan sebagai kesenangan anak yang suka bermain seolah-olah ia menjadi orang lain. “Ini yang kami manfaatkan, misalnya seperti menjadi penjual dan pembeli, dan hal-hal lain yang sangat ‘dunia anak’ sekali,” tambah penulis buku “13 Wasiat Terlarang”, “10 Jurus Terlarang” dan “7 Keajaban Rejeki” ini.

*** Meniadakan Ancaman dan Larangan ***

Saat ini banyak anak-anak yang bermasalah, terutama masalah pola asuh. Banyak hal-hal yang sebenarnya wajar diketahui anak, tapi orangtua membatasinya dengan alasan anak tersebut belum saatnya tahu. Sehingga diberi penjelasan asal saja. Padahal, anak usai 0-5 tahun, merupakan usia emas (golden age) anak, di masa ini anak banyak belajar dari lingkungannya. Pada masa ini jika kecerdasan anak tidak dirangsang dengan baik akan mempengaruhi kecerdasan anak kedepannya.

“Sekitar 90 persen karakter dan kecerdasan anak itu terbentuk oleh lingkungan, sementara tidak semua orangtua bisa merangsang kecerdasaran anaknya,” paparnya. Selain itu, anak seringkali juga terlalu sering dilarang tidak boleh melakukan ini atau jangan melakukan itu. Padahal anak pada usia dini diciptakan untuk mengeksplorasi lingkungannya, dan begitulah seorang anak belajar. Sehingga jika anak terlalu sering dilarang atau diancam, hal ini akan menghilangkan kreativitasnya, membuat anak kehilangan kepercayaan diri dan menjadi pasif.

“Khalifah Preschool® berusaha menciptakan suasana yang nyaman bagi anak. Itu sebabnya lokasi sekolah ini dipilih di rumah. Di sini anak tidak dilarang melakukan aktivitas apapun selama itu tidak membahayakan dan merugikan diri si anak.

“Tujuan kami adalah menciptakan sekolah sebagai rumah kedua (second home) bagi anak. Berbeda dengan sekolah lain di mana orang tua repot untuk menyuruh anaknya pergi ke sekolah, di Khalifah Preschool® tidak jarang orangtua ‘pusing’ untuk menyuruh anaknya pulang ke rumah karena mereka sangat betah di sekolah,” ujar Ippho menutup pembicaraan.

Jadi bagi anda yang bertempat tinggal di Bekasi dan sekitarnya, kini anda memiliki alternatif untuk menyekolahkan putera-puterinya ke sekolah “moslem entrepreneur kids” ini. Buruan, dech, daftarkan buah hati anda ke Khalifah Preschool® 15.

Khalifah Preschool® 15
Contact: Bunda Nurul dan Bunda Tyas
Jl Gugus Depan Raya No. 90 Rawalumbu (Jembatan 1)
Bekasi 17115
Telp: (021) 7067-7793 / 94
http://www.khalifahpreschool.com
khalifahpreschool.wordpress.com

Lokasi Preschool:
Batam – Banjarmasin – Bekasi – Jambi – Palembang – Palangkaraya – Pekanbaru – Sampit – Serang – Tanjung Pinang – Yogyakarta

%d bloggers like this: